Thursday, August 19, 2010

Sejarah Perkembangan System Informasi

1.generasi pertama (1945-1955)

Merupakan awal pengembangan sistem komputasi elektronik,mengganti gagasan-gagasan mesin komputasi mekanis.manusia memerlukan perangkat komputasi untuk memperluas kemampuannya.
Manusia mempunyai batasan komputasi,yaitu:
1. Kecepatan penghitung manusia terbatas.
2. Manusia sangat mudah membuat kesalahan.


Komputer mekanis mempunyai dua penyebab kelemahan,yaitu
1. Kecepatankomputasi dibatasi inersia bagian-bagian yang bergerak
2. Transmisi informasi alat-alat mekanis tidak praktis,susah dipakai serta tidak handal

Pada generasi ini belum ada sistem operasi,sistem komputer diberi instruksi yg harus dikerjakan secara langsung

2.generasi kedua (1955-1956)

Generasi masa ini adalah batch processing system
Batch processing system.job dikumpulkan dalam satu rangkaian kemudian dieksekusi secara berurutan pada awal kurun ini,sistem komputer belumdilengkapi sistem operasi ,tapi bekerja fungsi dasar sistem operasi telah ada,misalnya FMS (fortan montoring system) dan IBYS.keduanya merupakan bagian fungsinya merupakan komponen sistem operasi.
Pada 1964,IBM mengeluarkan keluarga komputer system S/360.beragam kelas komputer S/360 dirancang agar kompatibel secara perangkat keras.S/360 menggunakan sistem operasi OS/360.sistem 360 berfungsi menjadi sistem 370




3.generasi ketiga (1965-1980)

Perkembangan sistem operasi berlanjut,dikembangkan untuk melayani banyak pemakai interaktif sekaligus.pemakai-pemakai interaktif berkomunikasi dengan komputer lewat terminal secara online (secara langsung dihubungkan)ke komputer.
-multi user,yaitu digunakan banyak orang sekaligus.
-multi programming,yaitu melayani banyak orang sekaligus.Multi programming berarti,komputer melayani banyak proses/job(program yg dijalankan) sekaligus pada satu waktu
-time sharing,varian dan multi programming,dimana tiap pemakai mempunyai satu terminal online

4.generasi keempat (pasca 1980an)

Dewasa ini sistem operasi diergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan.komuter-komputer yang saling terhubung satu sama lain.

A.fungsi dasar
Sistem komputer pda dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat keras program aplikasi,sistem-operasi,dan pengguna sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi pengguna perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agaar dapat menjalankan program secara benar.untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber daya yang sama, sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yg bertujuan untuk menghindari kekeliruan(error).dan penggunaan komputer yg tidak perlu.



B.sasaran sistem operasi

Sistem operasi mempunyai tiga sasaran utama, yaitu
-kenyamanan : membuat pengguna komputer lebih nyaman
-efisien : pengguna sumber daya sistem komputer secara efisien,serta mampu
berevolusi artinya sistem operasi harus dibangun sehingga
memungkinkan dan memudahkan pengembangan,pengujian serta
pengajuan sistem yg baru.



C. Jenis – jenis sistem operasi

Setelah disinggung didepan,banyak jenis sistem operasi yg bisa digunakan,antara lain: POSIX, UNIX, MS DOS, MS WINDOWS, LINUX, APPLE,,dll.
Dari sekian banyaknya sistem operasi dan sistem operasi yg interface (kontak) dengan user (pengguna) yaitu,menggunakan text (DOS,POSIX,LINUX), ada juga kontaknya dengan pengguna GUI (graphical user interface) seperti Ms windows dan Linux ( Linux bisa berbasis text dan berbasis GUI )
Sistem operasi berbasis text artinya user berinteraksi dengan sistem dengan perintah – perintah yg berupa text . lain halnya dengan sistem operasi berbasis GUI, Pada sistem ini user dapat berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar / simbol- simbol, dan tentu hal ini akan lebih memberi kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna.Itulah sebabnya mengapa sistem operasi yg berbasis GUI sering kali disebut “ USER FRIENDLY”
Pada modul ini pembahasan akan terfokus pada sistem operasi berbasis GUI dan akan dipilih Ms. Windows ’98. Pemilihan ini tentu mempunyai alasan, diantaranya telah digunakan secara luas di berbagai kalangan tanpa mensyaratkan komputer yg sangat canggih (minimal 486 atau 66 Mhz ), mudah dalam pengoperasiannya kestabilan sistem cukup baik,serta mampu mengcover perkembangan teknologi (hardware / software).


contoh - contoh sistem operasi

-unix
-linux
-windows
- mac os

No comments:

Post a Comment