Tuesday, March 22, 2011

Tutorial Penginstallan Linux Debian beserta Gambar

Pada siang hari ini saya akan menunjukkan cara mudah menginstall linux debian.
Di bawah ini merupakan langkah-langkah cara meninstal linux debian..

Pertama, nyalakan komputer, kemudian tekan delete untuk masuk ke bios,
Setelah di dalam bios, pilih menu
BIOS FEATURES SETUP
tekan enter
Setelah itu pilihlah menu Boot Sequence agar menjadi CDROM,C,A
esc
Pilih,
SAVE & EXIT SETUP
tekan enter
tekan y enter
Maka komputer akan mulai booting kembali dengan boot sequence pertama ke CDROM.
Masukkan CD debian yang ada kedalam CDROM.
Kedua,Boot dari CD
Setelah memasukkan CD ke dalam CDROM maka tinggal tunggu CD boot.
Setelah komputer boot ke CD, akan muncul tampilan sebagai berikut:

 


Selanjutnya ialah kita pilih dulu yang pertama ialah pemilihan bahasa


Setelah, itu kita pilih lah bahasa yang kita inginkan,saat ini saya memilih bahasa inggris
setelah itu kita akan memilih pengaturan keyboardnya,saya memilih pengaturan yang pertama

selanjutnya kita tunggu sebentar,karena komputer akan mendeteksi cd room nya dulu.
setelah selesai langkah yang diatas tadi kita isi dulu nama kita,
setelah itu, kita juga harus mengisi nama domain kita,saat ini saya mengisinya dengan domain local sekolah saya
selanjutnya kita mulai memasuki untuk partisi harddisk,saat ini saya memilih yang manual,
selanjutnya saya memilih ide master
lalu kita pilih yang pertama yaitu,creat partition

kita pilih yang pertama ini untuk area swapnya yang berkapasitas 2 kali dari memori kita,memori saya 1 gb ya harus saya bikin 2 gb.
kita pilih yang primary untuk area swapnya,

kita pilih yang begining karena ini untuk awalnya,

selanjutnya kita set sedikit di sini,


ini ialah area untuk kita bikin are partisi lagi,dan klik
disini kita bikin partisi lagi untuk file systemnya

kali ini saya akan bikin partisinya sebesar 20 GB,terserah saja mau bikin berapa asal jangan di bawah 15 GB aja

kita pilih primary lagi,
kali ini bootable flag nya kita idupin.hehe atau di ON kan

lalu tekan done di yang paling bawah dan ikuti perintah selanjutnya

dan kali ini kita pilij yang paling bawah juga,yaitu finish.
pada kotak dialog ini kita pilih yang paling bawah yaitu, yes
tunggu beberapa saat,
tunggu lagi,sekarang masih dalam proses partisi.
lalu kita isi nama kita lagi,

isi password root nya.sesuai keinginan kita,
tunggu sejenak :D
saat ini program nya meminta kita memasukkan cd debian yang kedua karena cd debian yang pertama sudah siap
tunggu lagi,program lagi mengkonfigurasi systemnya
masukkan cd ketiga linux debiannya dan keluarkan cd debian yang kedua tadi
tunggu lagi gan :D
selanjutnya kita masukkan lagi cd yang keempat dan keluarkan cd ketiga tadi

sabar,heheh,tunggu sejenak
keluarkan cd yang keempat tadi dan masukkan cd yang kelima ,
tunggu lagi broo....
cd yang kelima sudah selesai dan sekarang kita masukkan cd yang pertama tadi yaitun cd 1 linux debian
tunggu sebentar program sedang memilih dan menginstall software
kali ini saya memilih yang atas yaitu no
kali ini langsung saja,dia telah terpilih sendiri yaitu ceklist paling atas dan paling bawah

tunggu sebentar.. . . .
program menanyakan GRUB Boot Loader nya lalu kita pilih yes

instalasi sudah selesai atau sudah komplit,ikuti perintah selanjutnya
ini tampilan setelah sudah finish dan sudah di restart,lalu kita pilih yang atas.yang bawah ialah ibarat di windows ini ialah safe mode nya :D
dan inilah tampilan linux debian yang berbasis GUI tersebut,kita di suruh untuk memasukkan nama kita yang telah kita bikin tadi.
yang terakhir,inilah tampilan di dalam linux tersebut......


sekian tutorial penginstallan linux debian dari saya,mudah mudahan dapat berguna . ... .

No comments:

Post a Comment