Monday, April 11, 2011

Berbagai Perintah Menarik dari Run Menu Windows

Windows memang sistem operasi yang sangat memudahkan penggunanya dengan ikon-ikon-nya, kita tinggal klik. Tapi entah kenapa , saya itu kadang lebih suka mengetikkan perintah daripada klik sana-sini yang kadang menurut saya lebih tidak efisien. Dan di artikel ini saya ingin membagikan beberapa perintah yang sering saya gunakan melalui menu Run.



Saya biasanya menggunakan kombinasi tombol Windows + R untuk membuka Run dialog ini, anda juga bisa klik Start -> Run menu. Untuk memakai perintah-perintah atau memanggil program, anda bia menuliskan nama file .exe nya atau juga anda bisa memanggil nilai dari Variable Environment Windows juga, dan ini perintah-perintah favorite yang akan saya berikan:

  • %TEMP%, perintah ini untuk membuka folder temporary file anda alias file sampah ini, saya membukanya tiap hari untuk menghapus file-file yang bisa jadi sangat besar ini.

  • %USERPROFILE%, perintah ini untuk membuka folder profile anda termasuk folder My Documents anda ada di situ, saya biasanya melihat perubahan di folder Application Data yang berada di dalam folder profile masing-masin pengguna.

  •  %WINDIR%, perintah ini untuk membuka folder/direktori Windows kita. Apapun setting folder Windows anda, begitu anda ketikkan perintah ini, anda langsung di bawa ke folder dimana Windows anda terinstal.

  • %PROGRAMFILES%, perintah ini akan membuka folder Program Files, dimana folder ini biasanya berisi dengan program-program yang terinstal di Windows anda.

  • WINWORD, untuk membuka Microsoft Word, baru kali ini sih saya membuka program dengan cara ini di kelas saya. jadi rasanya dengan mengetik seperti saya bisa membukanya lebih cepat.



  •  EXCEL, untuk membuka Microsoft Excel, baru kali ini juga saya mencoba membuka program excel dengan perintah ini untuk mengerjakan tugas dari guru saya :D .

  • NOTEPAD, daripada kita harus klik Start -> Accessoriess -> Notepad mending kita ketik langsung perintahnya bisa langsung terbuka. Kalau perintah ini sih sudah sering banget saya pakai untuk meletakkan script dan tugas - tugas lainnya.

  • CALC, untuk membuka calculator. Pastinya teman - teman sudah tau kegunaanya dari nama nya kan :D hahaha

  • FIREFOX, untuk membuka browser andalan saya. :D

  • REGEDIT,Ini berfungsi untuk yang hobi mengotak-atik registry Windows, maka program ini menjadi sahabat para programmer windows.

No comments:

Post a Comment