Saturday, April 9, 2011

Beberapa Perintah di Microsoft Excel

Excel dikenal dengan aplikasi pengolah angka, memang benar karena excel biasa digunakan untuk pekerjaan angka-angka ya untuk membuat sebuah laporanlah keuanganlah biasanya, nah di excel ini ada yang namanya kondisi atau pengujian dimana isi setiap kotak(cell) dapat diperiksa menurut kondisi tertentu apa sesuai atau tidak, untuk lebih jelasnya kita buat sebuah Contoh klasik misalnya pada saat membuat raport. Kita bisa bikin beberapa kolom berisi nilai per mata pelajaran, lalu dibuat rata-ratanya. Nah, sekarang menentukan apakah pemilik raport ini akan naik kelas atau tidak.



Aturannya, jika rata-rata di atas 6, maka naik kelas, di bawah 6 maka tidak naik kelas. Tentu mudah membuat rumusnya dengan excel. Misalkan nilai rata-rata ada di sel F49, maka rumusnya:

=IF(F49>=7,"Lulus","Tidak Lulus")

Kita lihat lagi rumus di dalam kurung. F49>7 maksudnya syarat bahwa sel F49 lebih besar dari 7. Berikutnya, setelah koma, kita masukkan kategori “Lulus”, jika sel F49 memang lebih besar dari 7. Perhatikan bahwa untuk membuat pernyataan dalam bentuk teks, gunakan tanda petik. Kemudian, setelah tanda koma, kita berikan kategori “Tidak Lulus”. Kategori ini akan muncul bila ternyata sel F49 nilainya kurang dari 7.

Contoh yang saya berikan ini mungkin sederhana. Bagaimana jika ada syarat lain, misalnya nilai pelajaran KKPI harus di atas 8? Jangan khawatir, Excel masih bisa menulis rumus untuk ini.

Katakanlah nilai pelajaran agama ada di sel F40. Maka kita paksa Excel berpikir: sel F49 harus di atas 7. Kalau ya, lihat set F40, harus di atas 8. Kalau ya, berarti Lulus, kalau tidak berarti Tidak Lulus. Nah, begini caranya:

=IF(F49>=7,(IF(F40>=8,"Lulus","Tidak Lulus")),"Tidak Lulus")

Cara ini memang susah di bandingkan dengan rumus excel yang lain. Bagaimana kalau syaratnya diperbanyak menjadi 4 atau lebih? Misalnya, selain pelajaran KKPI di sel F40, pelajaran TPK sel F32 juga harus lebih besar dari 7.

Ada cara lain yang lebih mudah dibaca, pakai perintah AND. Perhatikan contoh berikut:

=IF(AND(F40>=7,F32>=6,F40>=6),"Lulus","Tidak Lulus")

Masih memakai fungsi IF, hanya sekarang kita pakai tambahan AND. Semua syarat di dalam tanda kurung () setelah AND, harus terpenuhi semua, baru dinyatakan Naik, jika salah satu saja tidak terpenuhi, akan dinyatakan Tidak Lulus.

Selain Perintah If juga masih banyak perintah-perintah lainnya,seperti :
  1. Perintah Sum        : Sum adalah perintah untuk menyatakan jumlah 
  2. Perintah Average  : Average adalah perintah untuk menyatakan rata-rata suatu data
  3. Perintah Min        : Min atau Minimal ialah perintah yang menyatakan bilangan minimal suatu data
  4. Perintah Max       : Max atau Maximal ialah perintah yang menyatakan bilangan maximal suatu data
  5. Perintah Sumif     : Sumif adalah perintah if atau perintah "jika"yang menyatakan jumlah

No comments:

Post a Comment