Thursday, August 25, 2011

Broadcast Address

Broadcast address adalah IP Address khusus yang di gunakan untuk mengirim atau menerima informasi yang harus diketahui oleh seluruh host pada suatu network. setiap datagram IP memiliki header berisi IP address alamat tujuan. Dengan adanya alamat ini, maka hanya host tujuan saja yang memperoses datagram tersebut, sedangkan host lain akan mengabaikannya. Nah, Bagaimana jika suatu host ingin mengirimkan datagram ke seluruh host yang satu network dengan nya ?

Tentunya menjadi tidak efisien jika harus membuat replikasi datagram sebanyak host tujuan. Pemakaian bandwith akan meningkatkan beban kerja host pengirim bertambah. Disinilah manfaat broadcast address . Host cukup mengirim datagram ke alamat broadcast dan seluruh host yang ada pada networkyang sama dengan nya akan menerima datagram tersebut. Dalam praktiknya, jenis informasi yang di broadcast biasanya adalah informasi routing.


Seluruh host pada suatu network harus memiliki broadcast yang sama pula. Dengan demikian, broadcast address tidak boleh digunakan sebagai IP address untuk host tertentu . Jadi, sebenarnya setiap host memiliki 2 address untuk menerima datagram, yaitu :


  1. IP Broadcast yang bersifat unik
  2. Broadcast Address yang selalu sama untuk setiap host satu network


Broadcast Address diperoleh  dengan membuat bit-bit host menjadi 1. Hal ini berkebalikan dengan network address, yang dimana seluruh bit host menjadi 0

No comments:

Post a Comment